Tips Sederhana Perawatan Mesin Mobil Toyota

Tidak hanya berlaku untuk jenis mobil Toyota memang, namun tips ini juga bisa anda terapkan pada semua jenis mobil seperti Honda, Suzuki, dan lain sebagainya karena pada prinsipnya perawatan mesin adalah bagian terpenting dalam sisitem perawatan dan maintence jangka pendek dan panjang untuk menjaga kondisi kendaraan tetap prima.

Pada beberapa jenis mobil keluaran Toyota seperti Innova misalkan dengan keluaran terbaru akan ada dua pilihan baik matic dan manual dan dari sisi perawatan sama saja namun ada beberapa perbedaan mendasar dari keduanya.

Misalkan mobil matic, jangan sampai anda membiarkan kondisi AC mobil dalam kondisi ON sebelum anda matikan atau cabut kuncinya.

Kemudian ketika memasukan kunci perlahan saja, sampai dengan memindahkan ke posisi ON tunggu sampai semua jarum spedometer bergerak tuntas baru deh anda starter ini memang sederhana tapi banyak sekali manfaat positifnya.

Perawatan mobil yang teratur dan tepat waktu adalah jaminan dalam mempertahankan kondisi mobil yang lama dan bebas masalah.

Ini tidak hanya membutuhkan perhatian terus-menerus, tetapi juga biaya yang bisa jadi akan anda keluarkan dalam tahap perawatan ini, semakin mahal kendaraan anda maka biaya service rutin akan semakin mahal pula.

Tetapi biaya ini tidak akan sebanding jika dibandingkan dengan biaya yang akan anda keluarkan jika mobil rusak.

Merawat mobil dengan benar tidak hanya dapat menjaga performa mobil tetap stabil, tetapi juga menghemat uang dalam jangka panjang.

Misalkan saja kalau kita cek biaya service rutin dari toyota innova sekarang ini tidak sampai kok 1 juta. Tapi kalau anda lali, dan sampai terjadi kerusakan parah misalkan seperti turun mesin maka biayanya akan sangat mahal bisa sampai puluhan juta.

Mari kita mulai secara berurutan. Hal terpenting dalam perawatan mobil adalah perawatan rutin. Ya perawatan yang terjadwal sesuai dengan buku panduan yang ada, jangan sampai anda berpikiran melakukan perawatan nanti nanti saja karena akibatnya akan sangat fatal.

Maka dari itu sisihkanlah beberapa menit saja waktu anda dalam membaca buku panduan mobil baru yang harganya ratusan juta ini hanya demi kebaikan anda sendiri dan tentunya menjaga kondisi mobil tetap terjaga.

juga menunjukkan seberapa sering oli mesin dan semua jenis filter perlu diganti, dan ini bukan bagian inti saja, masih banyak komponen lain yang memang harus anda selalu cek dan perhatikan kondisinya secara berkala.

Banyak orang meremehkan pentingnya perawatan kendaraan. Lebih baik menghabiskan satu hari mempelajari instruksi daripada membayar untuk perbaikan yang mahal nanti.

Sebelum masuk ke dalam mobil dan menyalakan mesin nya periksa apakah ada kerusakan mekanis. Selanjutnya, nyalakan semua lampu dari lampu depan, belakang, rem, lampu senja, sen semuanya harus anda cek apakah sudah berfungsi dengan baik atau ada yang tidak menyala.

Pada beberapa kasus kadang banyak juga ditemukan misalkan pada mobil innova keluaran lama ketika dibeli dalam kondisi bekas orang lupa melakukan proses check pada bagian lampu, dan pas malam hari ketika ingin digunakan barulah mengetahui ada lampu yang tidak berfungsi.

Ingatlah untuk memeriksa tekanan ban anda setidaknya sebulan sekali, sebaiknya lebih sering. Selain itu, dengan keausan ban yang banyak, kemungkinan kecelakaan meningkat beberapa kali lipat.

Selain itu, ban bekas dapat berangsur-angsur menyebabkan ketidakseimbangan roda, yang pada akhirnya dapat mempengaruhi keselamatan dan performa mobil anda. Anda mungkin belum tahu bagaimana cara mengganti oli mesin, minyak rem, tetapi anda harus tahu bagaimana cara mengecek level sisa minyak.

Dengan kekurangan oli, bagian-bagian mekanisme akan kepanasan. Saat dipanaskan, logam mengembang, yang menyebabkan penyitaan grup piston, lecet pada poros engkol, putusnya batang penghubung, dll.

Selalu perhatikan level oli, untuk ini, dipstick disediakan di dalam mobil, yang akan memberi tahu berapa banyak oli yang tersisa di mesin.

Anda dapat dengan mudah menentukan apakah oli bersih atau kotor cara ngeceknya sederhana, di pagi hari sebelum mobil anda panaskan atau gunakan cobalah cabut dipsticknya dan lihat warna olinya kalau jernih berarti masih bagus dan sebaliknya kalau hitam sudah saatnya anda ganti.

Jika mesin rusak karena masalah oli, anda harus mengeluarkan banyak uang untuk perbaikannya. Ganti oli lebih sering, akan membuat performa mobil stabil dan tentu saja melindungi part lainya dari kerusakan.

Ini dari masalah Oli saja, masih banyak hal lain yang harus anda cek mulai dari kondisi Aki, kemudian kaki kaki, sampai dengan pengecekan secara menyeluruh seperti tune-up. Tapi untuk mobil baru service berkala saja sudah lebih dari cukup asalkan rutin.