Pentingnya Laporan Keuangan, Buat Mudah Dengan Aplikasi BukuWarung

Laporan keuangan sebuah perusahaan sangat penting dalam menjalankan dan memproyeksikan masa depan suatu usaha. Seorang pemilik usaha biasanya akan memantau secara real time kondisi keuangan dan masa depan kerajaan bisnisnya. Dengan begitu, pemilik usaha bisa mengetahui bagaimana keadaan bisnisnya sesungguhnya dan bisa mengambil keputusan bisnis yang paling tepat untuk masa depan perusahaan.

Mengingat laporan keuangan sangatlah krusial perannya untuk keberlangsungan sebuah usaha, maka harus dibuat secara konsisten setiap bulannya. Setelah dibuat secara berturut-turut per bulan, laporan keuangan biasanya dikelompokan per kuartal dan per tahun agar bisa dilakukan evaluasi lebih lanjut. Laporan keuangan adalah bentuk tanggung jawab dari manajemen perusahaan kepada pemilik usaha. Catatan laporan keuangan ditujukan untuk pihak-pihak di luar perusahaan seperti calon investor atau pemerintahan.

Pihak-pihak yang biasanya menggunakan laporan keuangan perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Pemberi Pinjaman/kreditor
  • Pemasok
  • Manajemen Perusahaan
  • Investor
  • Pemerintah
  • Pelanggan
  • Karyawan (optional)
  • Masyarakat (optional)

Dengan mengetahui cara membuat laporan keuangan, Anda bisa menyajikan laporan keuangan untuk para stakeholder diatas. Berikut lima fungsi laporan keuangan:

1. Fungsi Historis

Mencatat jurnal berdasarkan urutan waktu atau tanggal terjadinya transaksi. Dalam penyusunan laporan keuangan nanti, harus didahulukan mencatat transaksi perusahaan sehari-hari.

2. Fungsi Pencatatan

Mencatat seluruh transaksi yang terjadi dalam suatu perusahaan. Dalam melakukan pencatatan, jurnal ini bisa digunakan untuk menentukan ke akun mana dan dengan nominal berapa transaksi dicatat.

3. Fungsi Analisis

Untuk menentukan nama akun, jumlah uang, dan bukti transaksi yang harus dianalisa.

4. Fungsi Instruksi

Sebagai fungsi perintah untuk mendebet atau mengkredit akun sesuai dengan catatan. Ini akan bermanfaat ketika proses memasukkan data ke buku besar.

5. Fungsi Informatif

Untuk memberikan penjelasan terkait bukti pencatatan yang terjadi, seperti tanggal, nama akun, keterangan singkat hingga jumlah uang. Laporan keuangan berfungsi untuk menunjukan pendapatan, biaya modal barang, pengeluaran operasional, laba kotor dan laba bersih dari suatu perusahaan.

6. Fungsi Catatan

Memberikan penjelasan atau rincian pos yang ada dalam laporan keuangan. Menginformasikan pos yang tidak memenuhi kriteria pengakuan dalam laporan keuangan.

Anda bisa mendapatkan laporan keuangan dengan bantuan aplikasi laporan keuangan seperti BukuWarung. Aplikasi ini akan memudahkan Anda melakukan pencatatan transaksi bisnis dengan mudah dan gratis. Selain itu Anda bisa menjadikan BukuWarung sebagai aplikasi transfer uang lewat hp sehingga semakin memudahkan kegiatan bisnis Anda. BukuWarung juga bisa mencatat stok, mengisi pulsa, top up ewallet, dan berbagai kegiatan keren lainnya. Download segera aplikasi BukuWarung di gadget Anda ya!