Menghitung Rumus Berat Badan Ideal Anak

Untuk mengetahui rumus berat badan ideal anak sebenarnya cukup mudah. Namun perlu diketahui bahwa usia dan juga jenis kelamin bisa menjadi faktor yang memudahkan ibu untuk menghitung berat badan ideal. Anda bisa memanfaatkan rumus BMI atau Body Mass Index.

Rumus Berat Badan Ideal Anak

Dengan menggunakan rumus ini maka berat badan dibagi dengan kuadrat tinggi badan dalam satuan meter. Jadi misalkan berat badan anak usia 8 tahun adalah 30 kg dan tingginya 150 cm (1,5m). Cara menghitung BMI anak yaitu 30/(1.5×1.5) = 13,4. Anda bisa gunakan hasil BMI ini untuk mengetahui status gizi anak.

Jika anak Anda berusia 8 tahun memiliki berat di kisaran 12,9 – 18,3 kg, masih dalam kategori berat tubuh yang normal. Perlu diketahui pula bahwa pertumbuhan fisik anak dipengaruhi juga oleh gaya hidup. Mulai dari kecukupan waktu istirahat, aktivitas fisik dan stimulasi dari lingkungan sekitar. Pertumbuhan setiap anak juga berbeda-beda ada yang lebih cepat ada yang stabil dan ada yang lebih lambat.

Belum tentu jika anak tidak memiliki berat badan yang masuk dalam rentang angka ideal, anak tersebut kekurangan gizi. Untuk memastikannya Anda bisa langsung tanyakan ke dokter anak tentang perihal berat badan ideal untuk anak yang memang belum masuk dalam rentang angka ideal berat badan.

Tips Menjaga Berat Badan Anak

Setelah mengetahui rumus berat badan ideal anak, maka para ibu juga harus memahami cara menjaga berat badan tetap stabil. Ibu bisa melakukan beberapa kegiatan pola hidup sehat seperti berikut.

  • Olahraga rutin, untuk meningkatkan kesehatan dan menjaga berat badan maka harus melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Anda bisa mengajarkan anak melakukan olahraga yang ringan terlebih dahulu seperti berjalan atau naik sepeda. Atau bisa juga mengajarkan renang sebagai sebuah olahraga dan hobi.
  • Perhatikan asupan makanan, sangat penting untuk mengawasi apa saja makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh anak. Buktikan bahwa makanan tersebut memiliki nutrisi yang cukup dan juga higienis. Anak susah makan, maka hindari memberikan makanan camilan atau minuman manis terlalu banyak. Lebih baik pilih camilan sehat untuk mencukupi nutrisi harian.
  • Makan buah dan sayur, menjaga berat badan tetap stabil maka anak harus lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Maka dari itu sebagai orang tua harus punya strategi khusus agar anak setiap harinya mengkonsumsi buah dan juga sayur.

Jadi tentu sekarang anda sudah tahu bagaimana cara menghitung rumus berat badan ideal anak dan juga tips agar bisa menjaga berat badan tetap stabil. Anak yang memiliki berat badan stabil tentu saja terhindar dari resiko diabetes sejak dini.