5 Kuliner Legendaris Malang, Maknyus Dan Murmer!

VIVA– Bicara kota Malang memang enggak bakal ada habisnya. Bukan cuma wisatanya saja lho, yang keren-keren, kuliner Malangjuga patut diacungi jempol.

Banyak kuliner legendaris di Malang yang wajib kamu cicipi dan enggak boleh sampai terlewatkan. Mulai dari menu utama hingga makanan penutup, semuanya ada di Malang. Enggak perlu googling lagi, berikut VIVA.co.id sudah merangkumnya buat kamu yang diambil dari YouTube channel Ria SW.

Rawon Nguling

Berkunjung ke Malang tidak akan lengkap rasanya kalau enggak icip-icip rawon. Selain menyajikan menu nasi rawon, ada banyak menu lain yang disediakan di Rawon Nguling ini. Apapun menu yang kamu pesan, kamu akan disuguhkan mendol, otak, paru dan tempe goreng. Rawon Nguling ini sudah sangat populer di Malang dan sudah ada sejak 1942.

Untuk rasanya tidak terlalu manis dan potongan dagingnya besar-besar. Satu porsi rawon yang dicampur nasi dibanderol dengan harga Rp29 ribu. Rawon Nguling beralamat di Jalan Zainul Arifin No.sixty two, RT.01/RW.01, Kiduldalem, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Oh iya, kalau ke sini jangan pas jam makan siang ya karena antreannya cukup panjang.

Warung Sate Gebug

Kuliner legendaris ini ada di Jalan Jenderal Basuki Rahmat, Klojen, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur. Patokannya ada di sebelah McDonald. Satu tusuk satenya berukuran cukup besar. Sesuai namanya, sebelum dibakar sate ini digebuk terlebih dahulu. Saat memesan satu porsi sate ini, kamu akan dihidangkan bersama semangkuk kuah yang sudah dibumbui.

Sambal Bawang Mbok Djayus

Keunikan dari tempat makan satu ini adalah saat kamu memesan menu penyetan, kamu akan ditanya mau pakai berapa cabai, kemudian kamu bisa mengulek dan menggeprek ayam yang kamu pesan sendiri. Rumah makan Sambal Bawang Mbok Djayus sudah berdiri sejak 1984. Buat pecinta pedas, kuliner legendaris satu ini bakalan cocok buat kamu. Alamatnya ada di Jalan Candi Sewu, Mojolangu, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur.

Sego Resek

Sego Resek mulai buka pukul 18.00-21.00. Alamatnya di Jalan Brigjend Katamso, Malang, Jawa Timur. Kuliner legendaris ini sudah ada sejak 1959. Sego Resek merupakan semacam nasi goreng dengan isian kol, mi kuning, telur dan suwiran ayam.

Kalau mau tambah hati, usus, ampela, tempe goreng, dan ikan juga bisa. Untuk memasak sego resek ini masih menggunakan arang lho, dan menggorengnya tidak menggunakan minyak tapi menggunakan kaldu ayam. Sepiring Sego Resek cuma dihargai Rp13 ribu saja. Dompet kamu dijamin enggak bakal tipis.

Puthu Lanang

Nah, rekomendasi makanan berat sudah, sekarang tinggal makanan penutup. Puthu Lanang berada di Jalan Jaksa Agung Suprapto No.73, Gang Buntu RT.03. Kuliner kue puthu ini sudah ada sejak 1935 lho, dan ini merupakan usaha keluarga turun-temurun. Puthu Lanang selalu ramai diburu pembeli.

Untuk jenis makanannya, ada puthu, klepon, lupis, cenil dan ada menu campur. Untuk kue puthu isi 9, harganya cuma Rp10 ribu saja, yang dibungkus dengan daun pisang.

Ronde Titoni

Malam-malam cari yang hangat-hangat di Malang, paling cocok kalau mampir ke Ronde Titoni. Lokasinya ada di Jalan Zainul Arifin No.17, Malang, Jawa Timur. Warung ronde ini sudah ada sejak 1948. Ronde di sini cukup unik, ada yang basah dan kering. Semangkuk ronde basah harganya Rp10 ribu, dan ronde kering Rp12 ribu saja.