5 Kuliner Khas Yang Wajib Kamu Coba Saat Mampir Di Cirebon

KOMPAS.com –Hari ini sebagian masyarakat Indonesia masih menikmati sisa libur lebaran, mungkin salah satunya Anda. Untuk mengisi sisa libur lebaran, wisata kuliner bisa jadi salah satu pilihan kegiatan yang menarik.

Bagi kamu yang tengah berada di Cirebon, banyak makanan khas yang wajib dicoba. Berikut rekomendasi dari KompasTravel.

1. Empal Gentong
Empal gentong menjadi salah satu masakan khas Cirebon yang paling populer. Makanan ini mirip dengan gulai dan dimasak menggunakan kayu bakar di dalam entong. Daging yang digunakan adalah usus, babat, dan daging sapi.

Di Cirebon kamu dapat dengan mudah menjumpai warung makan yang menjajakan empal gentong. Salah satunya di warung Mang Darma yang terletak di Jalan Slamet Riyadi nomor 1, Cirebon.

2. Empal Asem
Jika Empal Gentong identik dengan menu masakan bersantan, maka empal asam merupakan pilihan menu empal tanpa santan yang bercita rasa segar.

Isian utama dalam menu ini adalah daging sapi, walaupun kamu dapat juga memilih isi babat, usus dan kikil.

Sesuai dengan namanya, empal asam ini begitu segar saat kuahnya disruput. Namun, asam yang terasa cenderung ringan tidak seperti sayur asam.

Mungkin ini karena asam yang dihasilkan dari belimbing wuluh, bukan asam jawa, juga rempah yang tetap membalut rasanya.

3. Nasi Lengko
Menu Nasi Lengko terdiri dari nasi putih, tempe goreng, tahu goreng, mentimun mentah segar dan dicacah, tauge rebus, daun kucai, bawang goreng, bumbu kacang, dan kecap manis.

Kamu dapat menemukan menu ini di Kedai Nasi Lengko Pagongan H. Barno yang terletak di Jalan Pagongan nomor 15 B, Cirebon.

4. Nasi Jamblang
Nama Jamblang berasal dari nama daerah di sebelah barat kota Cirebon tempat asal pedagang makanan tersebut. Ciri khas makanan ini adalah penggunaan daun jati sebagai bungkus nasi. Sedangkan penyajian makanannya menggunakan sistem prasmanan.

Untuk menikmati nasi jamblang, kamu dapat mengunjungi kedai Nasi Jamblang Ibu Nur yang terletak di Jalan Cengkaring nomor forty five.

5. Mi Koclok
Beberapa daerah di Indonesia memiliki sajian khas berbahan dasar mi. Namun berbeda dengan sajian mi di daerah lain, kuah mi koclok ini berwarna putih kental yang sangat nikmat disantap hangat-hangat di malam hari. Warna putih ini berasal dari campuran santan dan tepung maizena.

Tak hanya kuahnya, isian mi koclok pun mengundang selera, terdiri dari potongan telur rebus, ayam suwir, dan irisan toge, kol, serta daun bawang.

Jadi, jangan bingung lagi kalau kamu berwisata kuliner di Cirebon.