5 Kuliner Khas Garut, Jawa Barat

Provinsi Jawa Barat, selain memiliki destinasi wisata yang cantik dan menarik serta rekomended untuk menjadi daftar liburan nanti setelah Pandemi. Provinsi ini juga terkenal akan wisata kulinernya yang tidak diragukan lagi akan kelezatannya yang menggoda selera. Yang salah satunya ada di Kabupaten Garut, kabupaten ini memiliki kuliner khas yang layak untuk dicoba, serta cocok buat menu buka puasa kamu, buat kamu yang sedang menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Berikut 5 kuliner khas garut yang kami rangkum dari berbagai sumber, ada apa aja sih?

sumber :travelingyuk.com1. Nasi Liwet

Saat kamu berkunjung ke Kabupaten Garut, Jawa Barat, jangan lupa mampir ya!,ke rumah makan Asep Strawberry yang berada di Jalan Raya Kadungora No. 245, Leles, Garut. Karena di sini menyediakan sajian kuliner khas Garut yang namanya gak asing lagi, Nasi Liwet pastinya. Rasa dan penyajian nasi liwet ini unik banget lhoo.

sumber :merahputih.com2. Surabi

Makanan khas dari Kota Garut yang satu ini terbuat dari tepung beras yang diolah dicampur dengan kelapa parut. Surabi Garut dimasak menggunakan arang dengan cetakannya yang berbentuk khusus. Aroma Surabi dari Garut ini sangatlah menggoda selera, meskipun sudah dingin, Surabi ini masih tetap uenak tenan dimakan.

sumber :resepmasakan.com3. Es Goyobod

Minuman khas dari Garut ini banyak banget didemenin para wisatawan, karena rasanya itu loh nampol bangetzz. Saking segernya kamu minum, bisa lupa diri lhoo. Namanya Es Goyobod, minuman mirip es campur, hanya saja ditambah tepung kanji Gaaees. Minuman ini sangat cocok dinikmati saat cuaca panas apa lagi buat buka puasa.

sumber :wj.at present.com4. Burayot

Makanan khas Garut lainya adalah Burayot, yang terbuat dari campuran tepung beras pilihan dan gula merah. Burayot ini mirip dengan Ali Agrem makanan dari daerah lain karena bentuknya sama sama bundar keriput atau dalam bahasa Garut disebut ngaburayot.

Asal kata inilah yang dijadikan nama sajian makanan khas Garut ini sehingga dikenal sebagai Burayot. Yang banyak diproduksi masyarakat daerah Leles karena bahannya mudah didapat di daerah tersebut. Burayot bertekstur lembut dan legit. Rasanya yang manis cocok buat menu buka puasa lhoo.

sumber :kintamani.id5. Dorokdok dan Kerupuk Kulit

Makanan khas dari Garut, Sukagalih, Tarogong Kidul mempunyai nama Dorokdok. Kuliner ini berupa kerupuk kulit yang mempunyai cita rasa gurih banget lhoo! Karena diolah dengan campuran bumbu khas asli Garut. Sebenarnya bahan pembuatan Dorokdok dan kerupuk kulit itu berbeda meskipun sama sama berjenis makanan ringan yang terbuat dari kulit. Kulit apaan ya? Kulit sapi ternyata.

Kalau Dorokdok memang terbuat dari kulit sapi, sedangkan Kerupuk Kulit ini dibuat dari kulit kerbau. Kamu bisa menemukan dorokdok maupun Kerupuk Kulit ini dengan mudah di toko oleh-oleh yang tersebar di seluruh penjuru Kota Garut. Dorokdok maupun Kerupuk Kulit biasanya dikemas dalam kemasan plastik transparan dan tersedia dalam berbagai ukuran lhoo, pas banget buat oleh-oleh saat berlibur ke Kabupaten Garut nanti yaa!