5 Kuliner Khas Bandung Di Bojonegoro

Ada beberapa kuliner khas Bandung yang bisa dicicipi di Bojonegoro. Aneka kuliner khas Bandung tersebut kerap jadi pilihan masyarakat Bojonegoro. Seperti apa ya Nabs kuliner khas Bandung di Bojonegoro.

Cita rasa penganan sunda memang sudah menyebar seantero nusantara. Tak mengherankan jika di hampir tiap kota Indonesia memiliki kuliner khas Bandung. Bojonegoro termasuk satu diantaranya.

Berikut ini adalah 5 kuliner khas Bandung yang bisa dicicipi di Bojonegoro.

1. Siomay

Courtesy: CookpadKuliner paling populer khas Bandung yang sudah dikenal seantero Indonesia adalah Siomay. Makanan yang terbuat dari campuran ikan dan tepung ini sebenarnya punya akar dari Negeri Tirai Bambu. Namun di tangan orang Bandung, Siomay mendapatkan banyak modifikasi.

Siomay bisa ditemui dengan mudah di Bojonegoro. Contohnya di sekitaran SMKN 1 Bojonegoro, Jalan Panglima Polim. Di kawasan tersebut banyak penjual Siomay khas Bandung yang bisa didatangi. Selain kawasan SMKN 1, Siomay khas Bandung di Bojonegoro juga bisa ditemui di area Alun-alun. Banyak juga pedagang yang menjajakannya dengan cara berkeliling.

2. Seblak

Courtesy: SeblakKreativitas urang Bandung dalam menciptakan makanan unik tak perlu diragukan. Contoh nyatanya adalah keberadaan Seblak. Makanan ini memiliki bahan utama berupa kerupuk basah dengan campuran sayur dan dedagingan. Dalam perkembangannya, Seblak juga bisa ditambahi dengan bahan-bahan lain seperti makaroni, tetelan, ceker, hingga sosis.

Seblak yang merupakan ikon kuliner Bandung juga bisa Nabsky dapatkan di Bojonegoro. Di jalan Teuku Umar, tepatnya seberang SDN Kadipaten ada penjual Seblak yang bisa didatangi. Selain nikmat dan lezat, Seblak juga tentunya mengenyangkan.

3. Batagor

Penganan satu ini merupakan inovasi lain dari orang Bandung. Batagor merupakan singkatan dari bakso tahu goreng. Perpaduan antara tahu, bola daging, dan tak lupa bumbu kacang yang gurih menjadi identitas utama jajanan pinggir jalan ini.

Jumlah penjual Batagor khas Bandung di Bojonegoro cukup banyak. Di beberapa sudut kota, terutama yang dekat dengan sekolahan, banyak penjual Batagor yang bisa dijumpai. Cukup dengan Rp 5 ribu saja, kita bisa menikmati Batagor khas kota Parahyangan.

four. Cimol

Inovasi dalam hal kuliner tak pernah berhenti diciptakan oleh orang Bandung. Cimol jadi satu diantara inovasi makanan khas Bandung tersebut. Cimol adalah singkatan dari Aci Digemol. Aci merupakan tepung kanji. Sedangkan Digemol adalah bahasa Sunda untuk dibuat bulat-bulat.

Cimol juga bisa ditemui di Bojonegoro. Penganan ini bisa ditemukan di sekitaran sekolah yang berada di sepanjang Panglima Polim. Contohnya seperti SMKN 1 Bojonegoro, SMKN 3 Bojonegoro, SMKN 1 PGRI Bojonegoro. Dengan tekstur yang kenyal menjadikan Cimol jadi jajanan favorit anak sekolahan.

5. Es Doger

Terakhir ada minuman khas Bandung bernama Es Doger. Es Doger merupakan jenis ec campur yang identik dengan Bandung dan Jawa Barat. Minuman ini memiliki beraneka bahan seperti susu, parutan kelapa, alpukat dan ketan hitam.

Untuk mencicipi Es Doger khas Bandung di Bojonegoro tak terlalu susah. Ada beberapa pedagang Es Doger yang bisa jadi jujukan. Seperti space Pasar Kota Bojonegoro dan juga kawasan Alun-alun Kota Bojonegoro. Kesegaran Es Doger khas Bandung akan menjadi peredam panasnya hawa kota Bojonegoro.

Itu tadi Nabs, 5 kuliner khas Bandung yang bisa ditemui di Bojonegoro. Meski terpisah jarak ratusan kilometer, Nabsky sekalian tetap bisa kok mencicipi kenikmatan penganan khas sunda di bumi Angling Dharma.