SEPUTAR PEMBELI PADA PADI UMKM YANG PERLU DIPAHAMI

Platform Digital hasil inisasi Kementerian BUMN ini telah diluncurkan sejak Agustus 2020 untuk membantu para pelaku usaha UMKM agar tetap bertahan melewati 2020 yang di akibatkan oleh Pandemi Covid-19 agar ekonomi kembali stabil dan para pelaku usaha UMKM segera mendapatkan pembeli pasti dari para BUMN yang telah bergabung dengan platform digital jual barang dan jasa BUMN ini.

Beberapa pertanyaan juga hadir bukan hanya dari kalangan penjual saja, tetapi juga dtg dari kalangan pembeli. Salah satunya, cara mengubah profil akun pada pasar digital umkm yang dikutip dari website resmi padiumkm.id, yaitu Log in di akun buyer yang telah di daftarkan bersamaan dengan kode sandinya lalu Klik dropdown profile akun tersebut, selanjutnya Klik menu profile saya, setelah perubahan di lakukan, klik menu save profile. Perlu diketahui bahwa, yang tidak dapat di lakukan perubahan secara mandiri adalah nomor ponsel dan password log in karena diperlukan untuk menghubungi tim terkait.

Tetapi bagaimana jika pembeli lupa dengan password untuk mengakses datanya di PaDi UMKM? Tidak perlu panik karena, cara berikut ini mudah untuk dilakukan agar pembeli mendapatkan kembali password mereka, pertama Klik menu “ masuk “ / Log in seperti yang baisa dilakukan saat ingin masuk ke dalam akun pembeli di padiumkm.id lalu Klik lupa kata sandi dan setelah itu Masukkan email yang sudah teregistrasi berikutnya Klik reset password, kemudian Link reset log in dikirimkan ke email yang telah di daftarkan sebagai email akun pembeli, dan Klik link kemudian set password baru. Silakan di coba log in Kembali jika proses telah selesai.

Selanjutnya, pembeli juga paling sering bertanya bagaimana cara mereka mengelola alamat pengiriman pada akun pembeli mereka. Yang pertama, Log in di akun buyer seperti yang dilakukan untuk masuk ke akun pembeli untuk ke menu utama, lalu Klik dropdown profile akun dan kemudian Klik menu alamat pengiriman. Alamat pengiriman yang telah di tambahkan pada saat mengisi alamat di halaman checkout dapat di set default agar mempersingkat proses pembelian jika tidak ada perubahan alamat, serta dapat di edit dan di set geolokasi, berikut hasil kutipan dari website padiumkm.id

Untuk para pembeli yang masih bertanya apakah produk yang telah dipilih untuk masuk keranjang blanja bisa expired jika terlalu lama diabaikan? Jawabannya, Jika produk yang ada di keranjang belanja pembeli tidak di hapus maka produk akan tetap ada di keranjang belanja , Pembeli dapat meneruskan pada proses tahap selanjutnya atas produk yang sudah ada di keranjang belanja.

Untuk para pembeli yang ingin menggunakan fitur filter produk berdasarkan harga dan lokasi, gunakan cara berikut ini yang dikutip dari website resmi padiumkm.id dan pastikan praktiknya tepat. Yang pertama, Lakukan pencarian produk di kolom yang telah PaDi UMKM sediakan, kemudian setelah muncul list produk yang di inginkan silakan isi kolom filter harga. Berikutnya, pilih lokasi sesuai provinsi, kabupaten dan kecamatan. Setelah langkah kedua telah di lakukan maka akan muncul list product sesuai dengan filter yang telah Pembeli set.