Kandungan dan 5 Manfaat Tersembunyi dari Mengkonsumsi Cabe Rawit

 

Siapa yang belum pernah mendengar istilah kecil-kecil si cabe rawit? Istilah ini sebenarnya berkaitan dengan manfaatnya yang luar biasa. Bagi kamu pecinta pedas, kamu pasti akan tertarik untuk membaca artikel ini.

Dibalik bentuknya yang mungil, cabe rawit, yang masuk kedalam jenis sayuran, mengandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh melebihi buah-buahan. Bagi kamu yang kurang suka pedas, berusahalah untuk sedikit menyukainya agar kamu bisa mendapatkan manfaat dari cabe rawit.

Kandungan Cabai Rawit

Kandungan nutrisi cabai rawit Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, cabai rawit juga populer digunakan sebagai bumbu masakan.

Kandungan nutrisi dalam satu sendok makan (5 gram) cabai rawit adalah:

  • Kalori: 17
  • Lemak: 1 gram
  • Karbohidrat: 3 gram
  • Serat: 1,4 gram
  • Protein: 0,6 gram
  • Vitamin A: 44 persen Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin E: 8 persen Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin C: 7 persen Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin B6: 6 persen Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Vitamin K: 5 persen Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Mangan: 5 persen Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Potasium: 3 persen Angka Kecukupan Gizi (AKG)
  • Riboflavin: 3 persen Angka Kecukupan Gizi (AKG)

5 Manfaat Cabai Rawit

Untuk sebagian orang mungkin bertanya-tanya kenapa cabe rawit memiliki rasa pedas yang luar biasa? Biji cabe rawit mengandung zat yang disebut capsaicin. Zat inilah yang menciptakan rasa pedas pada cabe rawit. Namun, dibalik rasanya yang pedas, cabe rawit memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan. Yuk, simak penjelasannya:

1. Meningkatkan Nafsu Makan

Dengan mengkonsumsi cabe rawit, zat capsaicin yang terkandung didalamnya dapat meningkatkan selera makan dikarenakan adanya peningkatan produksi hormone endorphin dalam tubuh.

2. Mengatasi Nyeri Sendi

Selain meningkatkan nafsu makan, kandungan capcaisin yang ada dalam cabe rawit juga mampu meredakan nyeri sendi pada tubuh seperti rematik.  Cabe rawit juga dapat meredakan masalah kejang otot pada tubuh kita.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Mengkonsumsi cabe rawit sebenarnya dapat menjaga kestabilan tekanan darah yang ada dalam tubuh. Beberapa penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi cabe rawit bisa membantu untuk melancarkan sumbatan dalam aliran darah. Sumbatan ini yang dapat menyebabkan gangguan pada aliran darah yang menyebabkan penyakit jantung. Cabe rawit ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, sehingga penyakit jantung dapat dicegah.

4. Melawan Serangan Stroke

Selain dapat menjaga kesehatan jantung, cabe rawit juga mampu mengurangi resiko seseorang terkena penyakit stroke karena karakteristik cabe rawit dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

5. Mengatasi Kanker

Berdasarkan hasil penelitian oleh ilmuwan di Inggris, jika dikonsumsi secara rutin, kandungan capsaicin pada cabe rawit juga dapat menghilangkan sel kanker tanpa merusak sel normal. Selain itu cabe rawit mampu membakar kalori hingga mencapai sekitar 25% di dalam tubuh kita.

Gimana? Makin tertarik untuk memakan cabe rawit kan? Selama semua dimakan secara normal dan tidak berlebihan, walaupun pedas, cabe rawit punya banyak manfaat loh. Dan untuk membeli cabe dengan kualitas terbaik dan segar langsung dari petani kamu dapat memanfaatkan platform TaniHub. TaniHub merupakan platform e-commerce yang menjual hasil pertanian. Harapannya, TaniHub dapat membuat petani dapat lebih sejahtera.

Selain cabe rawit di TaniHub kamu juga dapat membeli produk kebutuhan sehari – hari lainnya seperti buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak dan sembako.

Menarik bukan? Yuk belanja di TaniHub