Analisis Faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

Tumbuh berkembang pada tiap anak sebetulnya berbeda. Pasti semuanya tergantung factor yang memengaruhinya. Sebetulnya tumbuh berkembang anak dikuasai oleh dua factor yakni factor lingkungan dan factor bawaan atau gen.

Pada tahapan tumbuh berkembangnya, tiap anak perlu pemantauan dari orangtua, khususnya pada bunda. Hal itu dilaksanakan untuk menahan berlangsungnya ketertinggalan bahkan juga kekeliruan pada tumbuh berkembangnya.

Dengan ketahui tumbuh berkembang anak, bunda pasti tidak cemas karena ada ketidaksamaan proses yang terjadi pada setiap anak. Karena tahapnya yang selalu di pantau. Dan ketidaksamaan itu harus dipahami oleh tiap bunda.

Apa Saja Factor Tumbuh Kembang Pada Anak?

Sama seperti yang telah diulas di atas, jika ada dua factor yang memengaruhi tumbuh berkembang anak. Dan ke-2 factor itu terdiri kembali jadi faktor-faktor, salah satunya ialah seperti berikut:

Factor Genetik

Factor genetik ialah aspek terpenting yang tidak dapat ditampik oleh perubahan anak kita. Karena factor gen ini telah menempel dalam tubuh anak semenjak dalam kandungan. Apa factor gen yang diartikan? Factor itu ialah Tipe Kelamin, RAS atau turunan dari orangtua, dan penyakit.

RAS atau turunan benar-benar punya pengaruh pada tumbuh berkembang anak. Karena hal itu sebagai turunan dari gen orangtua yang tidak bisa ditangkis oleh badan anak. Hal itu dapat disaksikan dari RAS Amerika yang mempunyai perkembangan bisa lebih cepat dibanding dengan RAS Indonesia.

Ada penyakit dalam tubuh anak dapat muncul karena faktor-faktor yakni sakit turunan dari orangtua, dan sakit karena kurangnya vitamin dan gizi. Beberapa gizi yang diperlukan dalam tumbuh berkembang anak ialah karbohidrat, protein, mineral dan vitamin.

Mineral yang paling diperlukan ialah zat besi. zat besi untuk anak dapat memberikan dukungan kekuatan fokus dan konsentrasi. Disamping itu dengan konsumsi makanan yang memiliki kandungan zat besi, bisa menolong menggairahkan otak anak, hingga percepat mempernyerapan info dan tingkatkan proses belajarnya.

Factor Lingkungan

Selainnya fator genetik, factor lingkungan juga punya pengaruh pada tumbuh berkembang anak. Faktor-faktor lingkungan itu ialah cuaca, sanitasi, dan stimulan dari keluarga. Mengapa ke-3 hal terebut benar-benar punya pengaruh? Berikut penjelasannya.

Factor cuaca yang beralih-alih, apa lagi pada periode pancaroba yang memunculkan banyak penyakit. Hal itu benar-benar mengganggu kesehatan badan kita, apa lagi pada anak. Karena tubuh kurang sehat, karena itu tumbuh kembangpun jadi terhalang.

Oleh karenanya, untuk bunda, saat pada musim pancaroba, atau cuaca yang tidak pasti, alangkah baiknya kalau bunda mempersiapkan beragam gizi untuk anak. Agar kesehatan badan selalu terlindungi.

Selainnya cuaca, sanitasi atau kebersihan lingkungan rumah juga punya pengaruh. Lingkungan yang kotor, akan mengakibatkan beragam jenis kuman dan tempat penyakit. Dengan demikian kesehatan anakpun akan terancam, hingga punya pengaruh pada perubahannya.

Jadi kebersihan baik lingkungan, rumah atau makanan pada anak, harus betul-betul bersih dan steril. Dengan demikian tumbuh berkembang anak tidak terhalang karena gizi yang kurang atau peresapan makanan yang tidak bagus untuk badan.

Setelah itu stimulan atau rangsangan dari keluarga. Ini dilaksanakan semenjak bayi masih juga dalam kandungan. Rangsangan saat masih juga dalam kandungan seperti ajak bercakap anak, mendengarkannya musik dan lain-lain. Sedang saat anak telah lahir, mereka perlu rangsangan sesuai usia mereka, misalnya:

Pada anak umur 1-3 tahun, rangsangannya bisa berbentuk membacakannya buku narasi, masukkan dan keluarkan benda, pilih dan mengategorikan benda, bahkan juga baju sekalinya.

Sedang pada umur 3-5 tahun rangsangannya dapat berbentuk mainan masak-masakan, petak umpet, nyusun balok atau puzzle, menggambar dan lain-lain.