7 Cara dalam Memilih Jemuran Baju

 

            Jemuran sangat dibutuhkan untuk mengeringkan pakaian. Ada banyak macam jemuran yang biasa kita jumpai. Jemuran baju pastinya ada disetiap rumah. Dengan menggunakan jemuran, kita bisa membuat beberapa benda menjadi kering. Sehingga tidak hanya baju saja yang dikeringkan, namun bisa juga mengeringkan keset, selimut, sprei, bahkan  handuk. Kita bisa juga membuat jemuran sendiri menggunakan tali, ataupun kayu. Jika memiliki lahan luas, cukup gunakan kayu atau besi dan dibentuk seperti jemuran. Namun yang lahannya sempit, kita harus mengakali jemuran agar tidak mengganggu ruangan dan tetap enak dipandang mata. Caranya dengan menggantungnya diatas kanopi atau memilih jemuran yang bisa ditempel.

            Saat ini sudah banyak model jemuran yang bisa kita pakai. Ada model jemuran lipat, jemuran portable, hingga jemuran yang mudah ditarik. Semua jemuran yang tersedia, bisa kita dapatkan di beberapa toko perabotan, maupun toko yang bermerek seperti Ikea, Informa, Krisbow. Sebelum membeli jemuran baju, pastikan kita memahami bagaimana cara memilih jemuran yang tepat.

1. Pilih sesuai kegunaan

Beragam pilihan model jemuran diberikan. Tentukan dahulu kegunaan jemuran sebelum membelinya. Misalnya jemuran akan digunakan untuk menjemur baju dan celana, maka kita pilih jemuran yang cukup besar. Namun jika hanya menggunakan jemuran untuk mengeringkan handuk, kita bisa pilih jemuran pendek dan kecil. Atau jemuran tempel dinding agar menghemat ruang.

2. Pilih Berdasarkan Bobot

Jika kita sering mencuci selimut, kain panjang, ataupun sprei, pastinya kita butuh jemuran yang kuat. Pilih jemuran dengan bahan dasar besi atau kayu, agar tidak mudah rubuh saat menjemur cucian. Bahan jemuran tersebut juga bisa digunakan bagi yang mempunyai usaha laundry. Jika hanya mencuci pakaian anak, gunakan jemuran putar atau tali yang dililitkan diatas dinding rumah.

3. Pilih Berdasarkan Fungsi

Memiliki rumah yang besar pasti dambaan setiap orang. Karena kita memiliki banyak ruang untuk menaruh barang. Sama halnya dengan jemuran, kita bisa tempatkan jemuran disembarang tempat. Namun yang memiliki rumah kecil, pastikan fungsi jemuran yang kita gunakan. Apakah kita perlu bolak balik mengangkat jeumuran, atau ingin jemuran yang fleksibel dan menghemat ruang.

4. Pilih tinggi jemuran dan lebar yang bisa diatur

Jemuran yang diletakkan dibagian atas, akan cepat kering cuciannya. Untuk itu, agar menghemat ruangan dan bisa meletakkan banyak cucian, pilih jemuran yang fleksibel. Sudah banyak jemuran yang bisa diatur tinggi dan lebarnya. Kta juga bisa memilih jemuran dipasang pendek atau tinggi.

5. Pilih Berdasarkan Kemudahan Perakitan

Tinggal diperumahan sangat cocok jika memiliki jemuran yang mudah dirakit. Karena bisa dibongkar pasang dan bisa menyimpan jemuran saat tidak digunakan. Gunakan jemuran yang bisa dipasang secara mudah, agar tidak menghabiskan waktu saat menggunakan jemuran.

6. Pilih Berdasarkan Kapasitas

Mempunyai banyak cucian setiap harinya perlu menggunakan jemuran yang banyak kapasitasnya. Ada beberapa jemuran yang menyediakan beberapa space atau ruang untuk meletakkan gantungan baju. Jika membuatnya sendiri, kita juga bisa menambahkan tali jemuran yang sudah disediakan untuk menaruh gantungan. Kita bisa membeli tali tersebut di online shop.

7. Pilih Sesuai Harga

Harga jemuran yang dijual dipasaran bervariasi. Kita bisa dapatkan muali harga Rp. 200.000 hingga Rp. 600.00. Semua tergantung dengan model dan bahan yang digunakan. Merek juga mempengaruhi harga jemuran.

            Sebelum memilih jemuran yang akan kita beli, pastikan ukuran jemuran harus disesuaikan dengan kondisi rumah kita. Jika memiliki rumah ukuran kecil, belilah jemuran yang portable dan mudah disesuaikan.