5 Makanan Khas Cirebon Terpopuler, Kelezatannya Bikin Penasaran Wisatawan

JAKARTA, iNews.id – Makanan Khas Cirebon, Cirebon tidak hanya terkenal memiliki tempat wisata yang menarik dan eksotis. Untuk urusan kuliner, Cirebon juga memiliki banyak makanan khas yang terkenal lezat dan enak.

Makanan khas Cirebon, mulai dari tahu gejrot, empal gentong, nasi lengko, dan lainnya. Masing-masing makanan tersebut memiliki citarasa berbeda.

Bahkan, kelezatannya membuat wisatawan penasaran. Setiap sudut tempat di Cirebon memiliki ciri khas kuliner masing-masing.

Jika tertarik mencicipi makanan khas Cirebon, Anda wajib mencicipi beberapa rekomendasi kuliner ini. Ingin tahu apa makanan khas Cirebon yang terkenal lezat dan enak? Berikut ulasannya dirangkum Minggu (14/6/2020).

Makanan Khas Cirebon Docang

Kuliner yang satu ini memang terdengar mirip dengan makanan khas Kota Bogor yang bernama Doclang. Tak hanya itu, bahan utama yang digunakan juga mirip, seperti adanya lontong. Tapi, Docang dan Doclang memiliki perbedaan di bumbu dan jenis penyajiannya.

Docang dibumbui dengan sayur oncom yang dikombinasikan dengan bungkil kacang tanah serta tambahan parutan kelapa. Isi dari Docang umumnya terdiri dari lontong, daun singkung, tauge, parutan kelapa dan juga kerupuk di atasnya.

Makanan Khas Cirebon Empal Gentong

Kuliner empal yang khas ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat Cirebon. Empal Gentong menjadi salah satu makanan terpopuler. Penyajian kuliner ini menggunakan kuali yang berasal dari bahan tanah liat.

Seperti namanya, Empal Gentong dibuat dari daging sapi yang dimasak hingga daging bertekstur lembut. Empal gentong dipadukan dengan kuah gurih dan sedap.

Makanan Khas Cirebon Nasi Lengko

[email protected] (iNews.id/esa putra tanjung)Di Cirebon, selain Nasi Jamblang, juga ada satu jenis olahan kuliner yang disebut dengan Nasi Lengko. Berbeda dengan Nasi Jamblang, kuliner yang satu ini menyehatkan.

Nasi lengko memiliki isian beragam sayuran. Kemudian ditambah sambal kacang untuk memberi citarasa lezat. Mirip dengan nasi pecel.

Makanan Khas Cirebon Sate Kalong

[email protected] (iNews.id/esa putra tanjung)Mungkin yang ada di kepala Anda adalah sate yang berbahan daging kelelawar. Padahal, nama sate ini dinamakan Kalong karena aktivitas penjualnya hanya dilakukan malam hari.

Masyarakat menyebut makanan khas ini sebagai Sate Kalong. Daging yang digunakan untuk membuat sate ini adalah daging kerbau. Berbeda dengan citarasa dari sate lain, Sate Kalong memiliki rasa manis.

Makanan Khas Cirebon Pedesaan Entog

Entog adalah salah satu jenis unggas yang mirip dengan bebek, namun lebih besar. Entog terkenal memiliki rasa daging yang lebih lezat. Daging Entog dimasak dan disiram dengan kuah yang gurih dan pedas.

Editor : Vien Dimyati