5 Kuliner Semarang Malam Hari Yang Cocok Disantap Malam Hari, Wajib Dicoba

5 wisata Semarang yang Wajib Dikunjungi Saat Malam Hari. ©2020 Merdeka.com Merdeka.com – Ketika berkunjung ke Semarang, tidak lengkap jika tidak mencicipi kuliner yang khas dan hanya di temukan di Semarang. Bukan hanya lumpia, Soto Bangkong dan tahu bakso, masih banyak lagi makanan dan jajanan yang ada di Ibu Kota Jawa Tengah ini. Mulai dari makanan tradisional hingga makanan kekinian yang bisa ditemukan di kafe-kafe.

Dari beberapa tempat wisata kuliner di Semarang, ada beberapa tempat makan yang menarik untuk dikunjungi di malam hari. Berikut merdeka.com merangkum beberapa tempat kuliner Semarang yang dapat dikunjungi di malam hari.

Pasar Semawis

Youtube : Matkiding

Pasar Semawis atau juga dikenal dengan sebutan Waroeng Semawis, adalah pasar malam yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman serta oleh-oleh khas Kota Semarang. Pasar ini terletak di Jalan Gang Warung atau di kawasan Kampung Pecinan.

Pasar ini dibuka setiap hari Jumat, Sabtu dan Minggu mulai pukul 6 sore hingga 11 malam. Di pasar ini akan berdiri puluhan tenda sepanjang jalan gang yang menawarkan berbagai jenis makanan. Seperti soto, tahu gimbal, lumpia, nasi ayam, pisang planet, juga berbagai jajanan seperti kue serabi, bubur kacang hingga es puter. Pasar Semawis ini bis menjadi pilihan kuliner road food yang patut dicoba jika berkunjung ke Kota Semarang.

Angkringan Blendoek

Twitter : Diana Risky

Angkringan Blendoek merupakan salah satu tempat wisata kuliner Semarang yang selalu ramai pengunjung. Angkringan Blendoek, menyajikan nasi dengan porsi yang kecil dan dibungkus dengan daun pisang dilengkapi dengan berbagai lauk, atau yang juga disebut dengan nasi kucing. Selain nasi kucing, Angkringan Blendoek juga menawarkan berbagai lauk tambahan berbagai gorengan, sate, hingga telur.

Angkringan ini terletak di depan Museum Mandala Bhakti yang letaknya tak jauh dengan ikon khas Kota Semarang yaitu Lawang Sewu dan Tugu Muda. Sebelumnya angkringan ini berada di kawasan Kota Lama tepatnya di depan Gereja Blenduk. Walaupun sudah berpindah tempat, angkringan ini masih menjadi tempat favorit warga setempat maupun pengunjung lain untuk mencari makanan dengan harga murah.

Nasi Kucing Pak Gik

Twitter : Sat

Selain Angkringan Blenduk, Semarang juga punya satu lagi tempat makan murah yang menjajakan sajian nasi kucing, yaitu Nasi Kucing Pak Gik. Nasi Kucing Pak Gik dapat ditemui di Jalan Inspeksi, Sekayu, Semarang. Di sini, anda bisa mendapatkan banyak pilihian menu nasi kucing dengan bungkusan kecil. Seperti nasi ayam rica, nasi ayam lomkok ijo, nasi kering tempe, nasi tahu telur, nasi babat hingga nasi uduk. Selain itu, juga terdapat lauk-lauk tambahan seperti gorengan hingga sate yang dapat dipilih sesuai selera.

Berbeda dengan warung angkringan lainnya, Angkringan Pak Gik ini buka mulai pukul 11 malam hingga pukul four pagi. Jika berkunjung ke Semarang, dan tiba-tiba lapar di dini hari, angkringan ini bisa menjadi rekomendasi untuk melepaskan rasa lapar.

Nasi Ayam Bu Sami

Youtube : Street Foods Village

Nasi Ayam Pojok Bu Sami juga merupakan salah satu dari sederet wisata kuliner malam yang ada di Kota Semarang. Nasi Ayam Bu Sami ini berada di Pojok Matahari, Kawasan Simpang Lima, Semarang. Warung yang baru mulai buka pukul 11 malam hingga 6 pagi ini menyajikan nasi liwet dilengkapi dengan suwiran ayam, krecek, sayur labu dan dantang kuning yang ditambahkan di atasnya. Disajikan pula beberbagai lauk pendamping seperti kepala, ayam, sayam, ceker ayam, berbagai jeroan hingga tahu yang dimasak dengan bumbu kuning dan bacem.

Nasi Ayam Bu Sami ini sudah ada sejak tahun 1975. Awalnya usaha kuliner ini dilakoni Bu Sami dengan bakul yang dijajakan keliling. Baru pada tahun 1988 Nasi Ayam Bu Sami ini bertampat di Simpang Lima. Hingga sekarang, warung Nasi Ayam Bu Sami ini masih menjadi kuliner favorit malam hari yang selalu ramai pengunjung.

Gudeg Mbak Tum

Youtube : Andi Surahman

Satu lagi kuliner Semarang yang wajib dicoba ketika lapar di malam hari adalah Gudeg Mbak Tum. Gudeg Mbak Tum merupakan warung yang dibuka dengan gaya lesehan, menyajikan berbagai menu seperti nasi gudeg, ayam goreng, lontong opor, babat goreng, dan koyor. Warung Gudeng Mbak Tum ini sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu. Warung ini dapat ditemui di Jalan MT Haryono, Mataram, Semarang.

Setiap harinya, warung lesehan sederhana ini tidak sepi pengunjung. Baik warga setempat, pendatang, hingga pengunjung dari luar kota tertarik untuk mencicipi masakan gudeg khas Mbak Tum ini. Warung Gudeg Mbak Tum sudah bisa melayani pembeli mulai pukul 5 sore hingga pukul 5 pagi.

[ayi]Baca Selanjutnya: Pasar Semawis…