5 Jajanan & Makanan Khas Kuliner Malang Yang Wajib Dicoba

5 jajanan dan makanan khas kuliner Malang yang wajib dicoba.

tirto.id – Malang merupakan salah satu kota tujuan wisata di Indonesia. Tak hanya well-liked dengan wisata alamnya, kota di Jawa Timur yang dijuluki Kota Apel ini juga terkenal dengan kelezatan dan keberagaman kulinernya, termasuk makanan dan jajanan khasnya.

Malang punya banyak kuliner khas yang nikmat. Kepala Seksi Pemasaran Pariwisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Agung Harjaya Buana, dikutip dari Antara, mengatakan bahwa Kota Malang dikenal oleh wisatawan sebagai surga kuliner.

Merasakan makanan khas di tempat wisata adalah salah satu kegiatan yang sering dilakukan saat berlibur, termasuk di Kota Malang. Berikut ini 5 makanan khas Kota Malang yang wajib dicoba.

Bakso Malang
Bakso merupakan jenis makanan yang dapat ditemukan di hampir di seluruh wilayah di Indonesia. Namun, bakso asli Malang ciri khas yang berbeda dengan bakso di kota-kota lain.

Bakso Malang menyajikan berbagai macam jenis bakso, seperti bakso urat, bakso keju, bakso isi cabai, bakso sosis, bakso telur puyuh, bakso sumsum, dan masih banyak lagi.

Pelengkap bakso Malang juga terdiri dari berbagai hidangan pendamping, bukan hanya mie, tahu, dan pangsit seperti bakso-bakso di daerah lain.

Jajanan bakso hampir dapat ditemui di setiap sudut Kota Malang, baik di warung, restoran, atau gerobak dorong. Makanan ini merupakan salah satu kuliner yang digemari masyarakat Kota Malang.

Angsle
Angsle merupakan minuman khas kota Malang. Minuman ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan kolak kendati bercitarasa beda.

Biasanya, angsle disajikan dengan kuah santan yang manis dan dilengkapi dengan petulo atau putu mayang, ketan putih, kacang hijau, potongan roti, mutiara, daun pandan, jahe, kacang tanah goreng, irisan buah kolang-kaling, dan emping belinjo sebagai isian.

Cwie Mie
Cwie mie adalah makanan khas Malang yang menyajikan mie dengan toping daging ayam cincang yang berwarna putih, daun sledri, dan bawang goreng.

Secara sekilas, hidangan ini mirip dengan mie ayam, namun sebenarnya berbeda. Cwie mie biasanya disajikan dengan selada dan kerupuk sebagai pendamping.

Orem-Orem
Orem-orem berbahan dasar irisan tempe goreng dan ayam. Orem-orem disajikan dengan siraman kuah santan yang kental serta irisan ketupat yang, tauge, tempe, dan ayam.

Salah satu makanan khas Kota Malang ini memiliki rasa seperti sayur lodeh yaitu gurih dengan rasanya yang sedikit pedas.

Tempe Mendol
Tempe mendol adalah makanan khas Jawa Timur, namun makanan ini juga sering dijumpai di Kota Malang. Tempe mendol seperti perkedel, namun terbuat tempe.

Olahan tempe ini biasa disajikan sebagai lauk pelengkap rawon, nasi pecel, atau nasi urap. Tempe ini berwarna kehitam-hitaman karena dibuat dari bahan tempe kedelai.

Tempe mendol dibuat dari tempe yang dibumbui dengan kencur, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jeruk purut, garam, sedikit gula putih, cabai yang digoreng hingga kecoklatan.

(tirto.id – Sosial Budaya)

Kontributor: Budwining Anggraeni Tiyastuti
Penulis: Budwining Anggraeni Tiyastuti
Editor: Iswara N Raditya

Subscribe Now